Tuesday, May 3, 2016

LOKASI CURUG KEMBAR CIBEREM BOGOR

curug kembar ciberem satu lagi destinasi wisata yang berada di kabupaten bogor, 
Curug kembar ciberem bisa di bilang hidden paradise belum bannyak orang yang  mengetahui lokasi curug ciberem bogor ini, saya sendiri sudah beberapa kali berkunjung ke curug kembar ciberem. Lokasi curug kembar ciberem ini memang tidak mudah di jangkau karena akses ke loksi curug kembar ciberem medan jalannya menanjak dan juga melewati turunan.
pengelolaan curug kembar ciberem bogor dilakukan oleh warga sekitar sehinga saya rasa itu sangat bagus karena warga asli dapat merasakan manfaat dari adanya obyek curug kembar ciberem yang berlokasi di Kampung Cibeureum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur Jonggol, Bogor.
 Manfaatnya adalah perekenomian warga sekitar lokasi curug kembar ciberem tersebut semakin meningkat tentunya.
 
Sudah saya paparakn untuk lokasi curug kembar ciberem, sekarang untuk akses menuju curug kembar ciberem bogor ini ada beberapa alternatif untuk mencapai curug kembar ciberem.
Secara umum akses menuju curug ciberem patokannya dari jungle land karena kebanyakan orang melewati jalan ini. dari depan jungle land lanjut ke  jl.gunung pancar sampai dengan mentok di pertigaan lalu ambil ke kiri, setelah itu terus menyusuri jalan untuk ke kampung rasamala -  kampung loji lalu terus naik ke cibekatul - kampung cibereum dan sampailah anda di lokasi. terdapat palng “wisata curug kembar cibeureum” jika anda sudah sampai ke lokasi.

Oya saya mendapatkan informasi akses menuju curug kembar ciberem langsung dari pengelolanya

Alternatif pertama:  Bogor – Sentul – Babakan Madang – Desa Karang Tengah – Kampung Wangun – Kampung Rasamala – Kampung Cibeureum. 
Alternatif  kecua : Rute 2 : Bogor – Cibinong – Citeureup – Desa Tajur – Desa Cibadak – Kampung Cibeureum.

Demikian untuk lokasi dan rute menuju curug kembar ciberem tersebut.  
jika anda masih bingung dengan akses ke curug kembar cibeureum anda bisa langsung menanyakannya ke pengelola sebut saja namanya si mas, instagramnya @curug_kembar_ciberem.


ini kali kedua saya bekunjung ke curug kembar cibeureum, lama tidak berkunjung kekawasan ini pembangunan disini cukup cepat, dari yang awalnya hanya bisa parkir di bawah sampai sekarang usdah bisa parkir ke lokasi atas yang berdekatan dengan rumah warga.


Sesampainya di lokasi curug kembar ciberem lalu kami membayar tiket masuk kepada warga yang bertugas di gerbang curug kembar ciberem sebesar Rp.10000 untuk tiket masuk dan Rp.5000 untuk biaya parkir di kawasan curug kembar ciberem. 
Selesai membayar sayapun langsung memacu motor saya ke tempat parkir yang berada di atasnya, walaupun jalanan ini dulunya hanya berupa jalan tanah namun kini sudah di bangun dan di berikan batu-batu agar tidak terlalu licin, sehingga motor bisa parkir sampai ke atas.
Kini sataatnya treking untuk bisa sampai ke curug kembar cibeureum , jalanan berupa tanah yang di bangun oleh warga.

jika hujan sedikit licin namun jika kering jalanan lebih mudah untuk di lewati, Untuk menuju curug kembar ciberem dari tempat parkir jaraknya yakini sekitar 1 kilometer,
 anda harus treking dan menaiki tanjakan sejauh 400meter, setelah tanjakan habis anda akan
menemukan sebuah lapangan dengan view yang cukup indah karena di atasnya ada sebuah bukit batu yang terlihat dengan jelas, setelah itu masih ada tanjakan terakhir disinilah tenaga anda sedikit di kuras heheh.. habis tanjakan pertama dan kedua selanjutnya jalan hanya berupa dataran dan turunan. 





Setelah sampai di atas dimana jalan hanya berupa dataran kita bisa melihat view yang sangat indah, sambil ber istirahat sehabis nanjak saya dan kawan-kawan berfoto terlebih dahulu disini, selain kami
banyak juga pengunjung lainya yang mengabadikan pemandangan indah ini. Puas berfoto lalu kami melanjutkan perjalanan.
sepanjang jalur yang datar ini di bawahnya hanya ada pohon pakis yang sangat banyak dan mengitari bukit, setelah kurang lebih menempuh karak 800meter barulah kita menemui turunan, dari atas suara gemuruh air curug sudah terdengar menandakan kami sudah hampir sampai ke lokasi.


Di kawasan curug kembar sendiri sebenarnya ada 5 buah curug di dalamnya, yakni curug buluh, curug hordeng, curug kembar, curug lesung, curug ciburial.
dari kesemua curug itu yang saya paforitkan adalah curug ciburial yang memiliki dua lairan curug yang keduanya memiliki keunikan tersendiri.
Stetelah sampai di pos bawah kami langsung prepare untuk nyebur, disini terdapat juga fasilitas kamar mandi, jika anda tidak membawa air minum ada juga beberpa mata air yang bisa diminum langsung disini.
kami memilih cuurug ciburial untuk di kunjungi saat pertama sampai, kamiberbaur dan berenang dengan pengunjung lainya, curug ini sangat nyaman untuk digunakan berenag karna cukup dalam sehingga aman jika anda ingin melompat, jika anda ingin menimati sensasi pijitan anda bisa menikmati curug sebelahnya berdiri di atasnya dan di pijat oleh air yang jatuh dari atas,
Puas menikmati curug ciburial kamipun ke curug selanjutnya yaitu curug hirdeng, dinamakan curug hordeng karena bentuknya yang menyerupai gorden, oya dalam bahasa sunda gorden iotu disebut hordeng.
Selain keunikanya yang menyerupai gorden curug hordeng ini juga nyaman untuk berenang airnya bening, di bawah curug hordeng juga terdapat kolam yang airnya setinggi hampir 3 meter, anda bisa
meloncat aatau sekadar berenang disini.
Curug di kawasan curug kembar cibereum ini seperti surga dunia begitu indah dan memiliki karajteristik bentuk yang berbeda-beda.
Oya hampir lupa untuk membahas curug kembar ini hehe, awalnya saya kira bogor tidak memiliki curug kembar namun ternyata di temuka juga curug kembar di bogor, aliran air curugnya memang kembar makanya di sebut curug kembar, airnya sangat dingin dan enak buat berasantai disini.

Jika main ke kawasan  curug kembar rasanya ingin juga berlama-lama disini, jika anda berasal dari luar bogor dan ingin menginap disini juga tersedia penginapan yang disediakan oelh pengelola namun anda harus jauh-jauh hari untuk membookingnya karena curug kembar cibereum sudah makin nge hits dan semakin ramai pengunjung bisa di bilang ke populoeran kawasan curug kembar cibereum ini mengalahkan ke populerena lewihejo.
Jika anda ingin suasana yang sepi saat berkunjung ke kawasan curug kembar cibeureum sebaiknya datang pada hari kerja atau weekday saja maka pengunjung tidak terlalu ramai.


cukup puas berenang dan mata dimanjakan dengan keindahan-curug-curug di kawasan curug kembar cibeurem maka saya dan kawan-kawan sejenak berisirahat dan membuka logistik kami.


Salut sekali dengan pengelolaan curug cibereum yang terbilang cepat dalam bpembanguanan dan juga menggerakan pemuda dan warga sekitar untuk sama-sama membangun aset mereka, dengan tarif yang relatif murah yakni yakni Rp.10.000 anda sudah bisa menikmati beberapa curug di kawasan curug kembar ciberem. (FYI pada awal bulan 2016 tarif masuk menjadi Rp.15000 )


Selesai sudah trip saya di curug kembar cibeurem, dan perjalanan pulang di lanjutkan dengan menuju lokasi tempat parkir, lelah dan cape terbayar sudah dengan keindahan curug-curug yang berada di kawasan curug kembar cibeureum.
curug kembar cibeureum rekomendasi wisata alam dengan pesona keindahannya yang tiada tara.

5 comments:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Sri Rahayu asal Surakarta, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhid SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalanan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL, alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhid SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

    ReplyDelete
  2. Dekat lokasi ada homestay ga ya.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa nginep di basecamp (tempat bayar tiket & parkiran motor)

      Delete
  3. Dekat lokasi ada homestay ga ya.?

    ReplyDelete
  4. penasaran sama tempatnya semoga jadi tanggal 15 september kesana ngilangin penat yang ada :)

    ReplyDelete