Tuesday, May 3, 2016

curug leuwi hejo

Wisata alam curug lewi hejo babakan madang
Kali ini saya ingin menceritakan pengalaman ke trip selanjutnya yakni curug leuwi hejo yang berada di babakan madang sentul. lokasi curug lewihejo yang cukupmudah di jangkau ini cukup ramai pengunjung jika weekend.
Untuk alamat curug lewihejo,lokasi curug lewihejo berda di kampung wangun cilengsi Desa karang tengah kecamatan babakan madang, sentul bogor.
Ksesnyapun cukup mudah jika dari bogor, anda cukup ke arah jungle land, patokanya dari jungle land lalu anda ke arah jl.gunung pancar, Ada pertigaan lalu ambil kanan karna jika anda mengambil kjalur kiri anda akan memasuki kawasan pemandian gunung pancar, setelah anda ambil kiri lanjutkan perjalanan sampai menemui plang “Kawasan curug lewihejo”.
FYI jalur ke curug lewihejo juga melewati sisi gerbang curug putri kencana, Jangan salah masuk anda tetap lurus di jalur yang mengarah ke lewihejo.
Saat pertama kalii menuju curug lewihejo sebenarnya saya buta sama sekali dengan jalur tersebut namun berkat bertanya kepada warga yang berada di jalan saya dapat sampai tanpa salah jalan hehe.. Warga sekitar sudah fasih dan hafal betul dengan keberadaan lewihejo karena curug tersebut sangat banyak pengunjungnya, mulai dari keluarga sampai dengan anak muda yang doyan trekking seperti saya hehe.

Jalan dari jungle land ke lewihejo tidak begitu bagus, namun untuk saat ini sudah bagus karena sudah dilakukan pengsapalan walau begitu anda harus tetap berhati-hati karena masih terdapat banyak jlanan berlubang, jika musim penghujan jalanan berlubang tersebut kasat mata.
Di tengah perjalanan menuju curug lewihejo saya menemukan bukit yang cukup indah untuk berfoto, biasanya banyak sekali muda-mudi yang berfoto disini, tempatnya memang indah viewnya mengarah langsung ke lembah dan juga persawahan penduduk sehingga sayang jika kita lewat begitu saja yanpa mengabadikan pemandangan indah ini.
FYI lembah tersebut tidak jauh dari plang curug kencana, namun tujuan saya kali ini tertuju pada air terjun di kawasan lewihejo.

Perjalanan sudah hampir sampai ke lewihejo hal ini di tandai dengan adanya sebuah plang “kawasan curug lewihejo” yang berada di sebelah kanan jalan, dari sana biasanya ada petugas yang mengarahkan kita untuk masuk ke kawasan lewihjeo.
setelah saya masuk kedalam tempat parkir cukup banyak dan luas, jika weekwnd tempatr parkir tersebut penuh bisa di bilang seperti pasar karena saking ramainya pengunjung,
tempat parkir memanjang sampai ke bawah jika anda menggunakan motor sebaiknya anda jangan buru-buru memarkir motor anda karena tempat parkir ke bawah masih luas, sebaiknay anda parkir tidak jauh dari loket pembayaran curug lewihejo.

Setelah selesai membayar tiket masuk dan parkir sayapun memarkir motor dan melanjutkan perjalanan saya menuju curug lewihejo. dari tempat parkir ujung menuju lewihejo jaraknya hanya sekitar 100 meter saja, namun jika anda parkir di depan anda bisa menempuh jarak sampai dengan 500meter.

Menurut kawan saya ang sebelumnya pernah berkunjung kesini kurang lebih setahun yang lalu, dulunya tergolongmasih sepi dan tidak ada warung di sekitaran tempat parkir, namun kini sudah ramai sekali warung-warung. Mklum saja curg ini memang sudah hits dari setahun kebalakang, banyak pengynjung dari luar bogor seperti kjakarta,depok dan tangerang yang berkunjung ke curug ini.

setelah berjalan kaki sejauh kurang lebih 100meter sampailah saya di curug lewihejo, airnya begitu bening dan berwarna hijau tosca, karena penasaran dengan lokasi curug lainya yang berada di kawasan lewihejo ini saya dan kawan-kawan melanjutkan untuk ke curug selanjutnya yakni curug barong.
jarak dari lewihejo ke curug barang yaitu sekitar 500meter, kita harus treking dengan jalanan ynag menanjak di sisi tebing. . sepanjang jalur treking ada beberapa warung jadi jika anda lapar atau tidak membawa bekal anda bisa di singgah sejenak di warung tersebut.

DI kawasan lewihejo selainterdapat curug barong dan curug lewihejo itu sendir  juga masih terdapat 3 lokasi indah lainya yaitu leuwi cipet, leuwi liek dan curug ciung, yang masing-masing berjarak 500meter sampai dengan 1 kilo. untuk masuk ke leuwi cipet dan leuwi liek kita harus membayar lagi retribusi sebesar Rp5000/orang.
Untuk leuwi liek,leuwi cipet dan curug ciung akan saya kunjungi di lain waktu karena memang hari sudah sore,
Perjalanan yang melelahkan dari bogor kota menuju kawasan curug lewihejo sudah terbalaskan dengan keindahan curugnya, pengalaman yang cukup menyenangkan bisa berkunjung ke kawasan lewihejo karena bisa mensyukuri kebesaran cipaan tuhan. semoga dilain kesempatan saya bisa mengexplore semua curug di kawasan lewihejo ini hehe, termiakasihy yang sudah nyimak semoga informasi yang saya berikan bermanfaat

No comments:

Post a Comment